Minggu, 05 April 2009

FIKIH JURNALISTIK; Etika dan Kebebasan Pers menurut Islam


“Sebuah karya unik tentang dua disiplin keilmuan yang terlihat berjauhan, namun dapat dipadukan secara menarik oleh penulis. Pemahamannya yang mendalam tentang syari’ah dan pengalamannya sebagai jurnalis menjadi modal besar karya tulis ini.”
Prof Dr Moh Ali Aziz, M.Ag.
Guru Besar Ilmu Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya
“Bahasan tentang berbagai aturan dan etika media ini menarik karena mengambil sudut pandang berbeda, dan baru pertamakalinya digunakan oleh pengamat dan penulis media massa. Berbagai contoh yang disajikan, dari isu pornografi hingga ghibah, kabar bohong, dan amplop wartawan, membuat kajian ini terasa berpijak ke bumi, karena hal-hal itu kita hadapi dan kita alami sehari-hari.”
Sirikit Syah
Pendiri dan Aktivis Lembaga Konsumen Media (Media Watch)
“Buku ini intinya menjelaskan bahwa nilai-nilai universal seperti kejujuran (dalam konteks ini kejujuran dalam menyajikan fakta perstiwa oleh wartawan) adalah selaras dengan Islam. Penulis sekaligus mengkritisi praktik pers umum yang bebas nilai dalam menjalankan kebebasan pers.”
Dr Muhammad Baharun
Mantan Wartawan Tempo dan Pemateri Diklat Jurnalistik
“Sebuah upaya terpuji dari seorang yang memahami, sekaligus pelaku, agar karya jurnalistik sesuai dengan tuntunan Allah. Penulis dapat menyajikannya secara akurat, obyektif, komparatif, dan aplikatif.”
KH Abdurrahman Navis
Wakil Katib Syuriah PWNU dan Ketua Komisi Fatwa MUI Jatim
“Buku ini tak hanya menjelaskan tentang pentingnya dakwah bil qalam bagi kaum Muslimin, tapi juga memberikan batasan mana yang ‘halal’ dan ‘haram’ dalam dunia jurnalistik. Dalam kondisi dunia pers yang kini sering kehilangan kendali, buku ini layak jadi panduan.”
Hepi Andi Bastoni
Pemimpin Redaksi Majalah Al-Mujtama’

specifikasi ukuran sedang, soft cover,179 halaman, Rp. 30.000,-jika anda tertarik untuk mendapatkannya kontak jahar 085880579267, email:jaharuddin@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar